Bens Money

4 Cara Mudah Mendapatkan Uang Dari Internet

Kondisi pandemi COVID-19 membuat beberapa orang terpaksa untuk kehilangan pekerjaannya. Salah satu solusi yang bisa dijalankan adalah dengan cara mencari uang dari internet. Selain bisa dilakukan dari rumah, dengan tekun dan bekerja keras bukan tidak mungkin penghasilan yang didapat bisa lebih dari pekerjaan kantoran.

Pada artikel ini, kami akan membagikan beberapa cara untuk mendapatkan uang dari internet.

Beberapa di antara bisa kalian langsung coba karena tidak memerlukan modal uang sama sekali. Mari simak lebih lengkapnya

1. Menjual produk di marketplace

Kondisi pandemi dan PPKM seperti saat ini semakin mendorong perilaku belanja online dalam masyarakat. Kesempatan ini bisa kalian manfaatkan dengan berjualan produk melalui marketplace seperti misalnya Tokopedia, Shopee atau Bukalapak. Berjualan online di marketplace sendiri memiliki beberapa kelebihan dibandingkan harus membuat website sendiri.

Pertama, kalian tidak harus mengeluarkan dana untuk membuat website. Seperti yang kita ketahui, membuat website tentu saja butuh beberapa persiapan seperti biaya untuk hosting dan domain, biaya untuk jasa membuat website seperti Woocommerce atau Shopify. Di marketplace, kalian cukup menyiapkan foto produk, dan deskripsi produknya. Hanya dalam hitungan menit, produk kalian sudah siap untuk dibeli.

Kedua, kalian tidak usah pusing membangun traffic karena orang saat ini sudah terbiasa membuka website Tokopedia, Shopee atau Bukalapak ketika ingin membeli sesuatu. Orang pun sepertinya lebih percaya membeli barang dari marketplace dibandingkan dari toko atau website sendiri. Hal ini karena mereka bisa komplain dan melakukan refund ketika barangnya bermasalah.

Ketiga, marketplace sudah memiliki sistem yang baik untuk mendukung penjualan produk di toko kalian. Misalnya saja, ada fitur ads dan auto-reply chat, yang pastinya akan memudahkan kalian dalam mengelola toko.

Jumlah keuntungan yang bisa kalian dapatkan dari berjualan ini sangat tergantung pada diri kalian sendiri. Kalian bebas mengatur margin pendapatan untuk setiap produk kalian.

Beberapa hal yang harus kalian siapkan untuk berjualan via marketplace:

  • Produk yang ingin kalian jual. Kalian bisa membuat produk sendiri atau reseller dari produk orang lain.
  • Foto, deskripsi, dan harga produk
  • Media promosi misalnya Instagram, Facebook atau Whatsapp. Ini penting karena kalian juga harus rajin mengajak orang untuk mengunjungi dan membeli produk dari toko kalian.

2. Menjadi Dropshipper

Masih berkaitan dengan jualan online, kalian yang ingin menghasilkan uang dari internet bisa mencoba untuk menjadi dropshipper. Apa sih dropshipper itu?

Berbeda dengan poin nomor 1 tadi yang lebih fokus untuk berjualan produk sendiri, maka dropshipper adalah cara berjualan sebuah produk tanpa kita sendiri memiliki barangnya. Jadi dalam dropshipping, tugas kalian adalah untuk memasarkan produk dari supplier dan ketika ada yang beli, maka nanti supplier sendiri yang akan mengirim produk tersebut ke pembeli dengan atas nama kalian.

Menjadi dropshipper ini relatif lebih mudah daripada berjualan produk sendiri atau menjadi reseller. Sistem dropshipping ini memudahkan orang untuk berjualan tanpa modal uang karena tugas kalian hanya sebagai pemasar. Kalian pun tidak perlu repot-repot melakukan pengemasan dan pengiriman via kurir karena semua sudah dilakukan oleh supplier.

Terdapat beberapa website yang bisa kalian coba daftar untuk memulai menjadi dropshipper. Misalnya saja Evermos, Paidin dan Mokkaya. Kalian pun bisa belajar mengenai dropshipping dari Youtube ataupun website seperti dropshipaja.

3. Membuat blog

Siapa menyangka bahwa ternyata membuat blog dan menulis bisa menghasilkan uang. Untuk membuat blog, kalian harus membeli domain dan hosting. Modalnya tidak terlalu mahal, yaitu sekitar 150ribu untuk biaya domain, dan 500rb untuk hosting selama setahun.

Setelah memiliki domain dan hosting, kalian bisa juga mulai mendesain dan mengatur blog kalian. Ada berbagai sumber yang bisa kalian pelajari untuk belajar cara membuat blog sampai bisa menghasilkan uang dari blog. Beberapa contoh sumber atau materi belajar yang bisa kalian pelajari misalnya dari situs Niagahoster atau Hostinger. Buat kalian yang ingin belajar membuat blog kalian sendiri, kalian pun bisa ikut membuat kursus website di situs HabisKerja ini.

Beberapa sumber penghasilan dari blog:

  • Google Adsense. Blog kalian akan digunakan oleh Google sebagai media beriklan.
  • Affiliate Marketing. Disini kalian menggunakan blog kalian untuk mempromosikan produk atau jasa orang lain, dan kalian akan mendapatkan komisi untuk setiap penjualan produk atau jasa tersebut.
  • Paid post. Kalian bisa bekerjasama dengan brand untuk mempromosikan produknya melalui tulisan di blog kalian.
  • Placement Ads. Kurang lebih mirip dengan Google Adsense, hanya saja kalian langsung bekerjasama dengan brand yang ingin beriklan lewat blog kalian.

Nah untuk pendapatan dari blog ini sebenarnya pun ada beberapa cara. Salah satu caranya adalah dengan memberikan slot di blog kamu untuk dipasangi iklan. Yang populer ya Google Adsense. Kalian pernah kan lagi buka blog orang terus ada iklan yang muncul di blog itu. Nah misal kita ngeklik iklan tersebut, berarti si empunya blog akan dapet pendapatan yang diitung per jumlah clik (atau Cost Per Click).

Jumlah pendapatan per klik sendiri berbeda-beda tergantung niche atau tema tulisan di blog kalian. Untuk tau niche mana yang trafficnya tinggi kalian mesti riset dulu ya.

4. Berjualan Stock di Situs Microstock

Tahukan kalian bahwa foto-foto yang menumpuk di folder smartphone kalian berpotensi untuk dijual?

Melalui situs microstock seperti Adobe Stock, Shutterstock atau GettyImages, kalian bisa menjual foto-foto hasil jepretan kamera atau smartphone kalian kepada orang yang membutuhkan foto-foto tersebut. Jadi misalnya kalian punya foto-foto pantai di Bali, nah mungkin saja di luar negeri sana ada orang yang membutuhkan foto-foto tersebut untuk berbagai kepentingan. Bisa mulai dari untuk artikel di blog, media, ataupun untuk kepentingan komersial seperti brosur atau banner iklan.

Tak hanya foto, kalian pun bisa menjual video atau desain kalian ke dalam situs microstock tersebut. Harga jual per foto bervariasi, namun untuk situs Shutterstock sendiri misalnya, satu foto minimal akan dibayar USD 0.01 untuk satu kali download. Cukup menarik bukan?

Berikut contoh pendapatan dari Shutterstock yang bisa kalian lihat:

Buat kalian yang tertarik, silakan langsung mendaftar di situs kontributor Shutterstock, atau AdobeStock.

Itu tadi beberapa ide cara untuk menghasilan uang dari internet. Kalian bisa mulai coba sendiri dan temukan peluang itu. Semua cara ini kuncinya ada dua, yaitu konsisten mengerjakannya serta terus belajar untuk meningkatkan diri.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

1 thought on “4 Cara Mudah Mendapatkan Uang Dari Internet”

  1. Pingback: Mengapa Kita Perlu Melakukan Investasi - Bens Money

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *